About Us

Jumat, 26 Juli 2013

ASSALAMUALAIKUM WR-WB Selamat Datang Di Blog Dayah Mulia... Blog aneuk dayah mulia.. semoga dengen blog nyoe tanyoe aneuk dayah mulia jeut tabagi-bagi informasi dan ilmu , dan bermamfaat bagi tanyoe bersama. Hidup aneuk dayah mulia. "BEST ADaM" IS THEN BEST

Dayah Teungku Chik Tanon Abee Tertua Se - Asia Tenggara

                            Halaman depan dayah
Aceh Besar-Dayah (Pesantren) Teungku Chik Tanoh Abee, yang terletak di Kecamatan Seulimuem, Kabupaten Aceh Besar, adalah salah satu pesantren tertua yang ada di Wilayah Asia Tenggara. Dayah ini didirikan pada masa Kesultanan Iskandar Muda, tepatnya pada tahun 1625 M.

Dayah yang hingga kini masih bernuansa tradisional ini didirikan pada masa Khalifah Utsmaniayah, oleh seorang ulama asal Bagdad yang bernama Fairus Al Bagdady. Saat itu, ulama asal negeri yang sering disebut Negeri seribu satu malam ini, hijrah ke Aceh menyebarkan agama Islam bersama tujuh orang saudaranya.
“Dayah ini didirikan pada masa Sultan Iskandar Muda meminpin kerajaaan Aceh,” sebut Tgk Ridwan Tanoh Abee, Wakil Pimpinan dayah Tgk Chik Tanoh Abee, Jumat (20/9) malam, di rumahnya yang berada di Komplek dayah tersebut.
Semula, dayah Teungku Chik Tanoh Abee didirikan hanya berupa surau kecil di Data Sigeupoh, sekitar 4 kilo meter dari lokasi dayah Teungku Chik Tanoh Abee saat ini.
Di tempat tersebut, selain digunakan sebagai tempat menyebarkan ilmu agama, juga dijadikan sebagai tempat eksekusi hukuman cambuk bagi masyarakat yang melanggar ketentuan Syariat Islam di masa itu.


              Pamplet pustaka

Seiring berjalannya waktu, dayah yang semula berada di Data Sigeupoh akhirnya dipindahkan ke kawasan perkampungan warga. “Di tempat pertama didirikan tidak ada sumber air. Dan dipindahkan ke tempat sekarang ini,” ujar Tgk Ridwan.
Dayah yang telah mampu mencetak berbagai santri yang tersebar di berbagai pelosok ini, pernah dipimpin oleh sejumlah ulama lain setelah pendirinya kembali ke negaranya saat memasuki usia tua.
Namun, dayah ini mencapai puncak kejayaan pada masa pimpinan Syeikh Abdul Wahab yang lebih dikenal dengan Teungku Chik Tanoh Abee. Sehingga, dayah tersebut lebih dikenal dengan sebutan dayah Teungku Chik Di Tanoh Abee.

“Dayah ini berjaya pada masa Syeikh Abdul wahab, makanya dayah ini diberi nama dayah Teungku Chik Tanoh Abee. Selain sebagai tempat pembentukan karakter ulama, semasa kepemimpinan Teungku Chik Tanoh Abee, daya ini juga dijadikan tempat berkumpulnya ulama Aceh seperti Teungku Chik Ditiro dan beberapa ulama lainnya untuk bermusyawarah dan mengatur strategi melawan kolonial Belanda,” terangnya.

Setelah meninggal Teungku Chik Tanoh Abee pada tahun 1894, Dayah yang berjarak sekitar 42 kilometer ke arah Timur Kota Banda Aceh, atau sekitar 7 km ke pedalaman sebelah Utara ibukota Kecamatan Seulimum ini, dikelola secara turun temurun.

Dari Syeikh Abdul Wahab, kemudian diteruskan kepada Syeikh Muhammad Sa’id. Dari Muhammad Sa’id pesantren ini diurus oleh Syeikh Muhammad Husen, kemudian Teungku Muhammad Ali, hingga kemudian jatuh kepada teungku Muhammad Dahlan atau yang lebih dikenal Abu Dahlan Tanoh Abee.
Semasa kepemimpinan Abu Dahlan, yakni pada tahun 1984 hingga 2007, dayah ini kembali mencapai puncak kejayaan. Ribuan santri dari berbagai pelosok menuntut ilmu di Dayah tersebut.

Tak sedikit diantara santri dari dayah Tgk Chik Tanoh Abee tersebut yang telah mendirikan pondok pesantren sebagai wadah memanfaatkan ilmu yang didapatnya.
Setelah Abu Dahlan meninggal dunia pada tahun 2007 lalu, dayah tersebut saat ini dikelola oleh istrinya yang oleh kalangan masyarakat atau santri kerap dipanggil Ummi. Dalam mengelola dayah, Ummi dibantu oleh Teungku Ridwan Tanoh Abee yang tidak lain adalah menantunya.

0 komentar:

Posting Komentar

Akhirul Kalam

Trimong geunaseh ats kunjungan ureung dron ke dalam blog nyoe. Semoga blog DAYAH MULIA nyoe bermamfaat bagi ureung dron bandum. Amin...!

sayang

”Ilmu
Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

Join US on Facebook

Nyoe adalah Posted Geutanyoe bersama. Jadi dijaga bersama. Semoga bermamfaat.

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

MOST RECENT

laba2

Foto Bersama

Content right


widgeo.net

About Me

Foto Saya
Lon Aneuk Teupin Batee.. Lahe Pada 10-12-1993 Di teupin Batee... Natupat Teupin Batee???

Contact

Followers

Social Icons

Bahasa

Catwidget4

topads

Like on Facebook

Become our Fan